Bagian tubuh Terpenting

bila anda bertanya bagina dari tubuh kita yang paling penting

Ibuku selalu bertanya padaku apa
bagian tubuh yang paling penting.
aku selalu menebak dengan jawaban
yang aku anggap benar.

aku pikir suara adalah yang paling
penting bagi kita sebagai manusia,
jadi aku jawab, "Telinga, Bu."
"Bukan. Banyak orang yang tuli."

"Bu, penglihatan sangat penting bagi
semua orang, jadi pastilah mata kita."
Dia memandangku dan berkata,
"Kamu belajar dengan cepat,
tapi jawabanmu masih salah
karena banyak orang yang buta."

Gagal lagi, aku meneruskan usahaku
mencari jawaban baru
Ibu terus bertanya padaku beberapa
kali dan jawaban dia selalu

Akhirnya thn lalu,kakekku meninggal.
Semua keluarga sedih. Semua menangis.
Bahkan, ayahku menangis.
Aku sangat ingat itu karena itulah saat
kedua kalinya aku melihatnya menangis.
Ibuku memandangku ketika tiba
giliranku untuk mengucapkan selamat
tinggal pada kakek.

Dia bertanya padaku,
"Apakah kamu sudah tahu apa bagian
tubuh yang paling penting, sayang?"
Aku terkejut ketika Ibu bertanya
pada saat seperti ini

Ibu melihat kebingungan di wajahku
dan memberitahuku, "Pertanyaan ini
penting. Ini akan menunjukkan padamu
apakah kamu sudah benar-benar hidup.
Untuk semua bagian tubuh yang kamu
beritahu padaku dulu, aku selalu
berkata kamu salah dan aku telah
memberitahukan kamu kenapa.

"Sayangku, bagian tubuh yang paling
penting adalah bahumu.karena bahu
dapat menahan kepala seorang teman
atau orang yang kamu sayangi ketika
mereka menangis.Kadang-kadang dalam
hidup ini,semua orang perlu bahu
untuk menangis. Aku cuma berharap,
kamu punya cukup kasih sayang dan
teman-teman agar kamu selalu punya
bahu untuk menangis kapan pun
kamu membutuhkannya."

Akhirnya aku tahu, bagian tubuh yang
paling penting adalah tidak menjadi
orang yang mementingkan diri sendiri.
Tapi, simpati terhadap penderitaan
yang dialami oleh orang lain.

Orang akan melupakan
apa yang kamu katakan...
apa yang kamu lakukan...
Tapi, TIDAK akan pernah lupa
bagaimana kamu membuat mereka berarti.

0 comments:

Post a Comment